Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026 Bersama Provinsi Kalimantan Utara

SHARE

Bappeda Litbang Kab. Nunukan

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, bersama Ketua DPRD Nunukan HJ. Rahma Leppa Hafid dan Kepala Bappeda Litbang  Kabupaten Nunukan Juni Mardiansyah, A.P, beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Nunukan mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 Propinsi Kalimantan Utara yang dilaksanakan secara daring, selasa (15/06/2021)

Terdapat 26 usulan prioritas yang disampaikan Bupati dalam rapat tersebut. Usulan mulai dari sektor layanan masyarakat, Kesehatan, Pendidikan, ekonomi masyarakat dan Infrastruktur. Pada bidang pelayanan Masyarakat Ibu Bupati mengusulkan Pembangunan Jaringan Listrik menuju Kantor  Camat Sebatik Timur sepanjang 9 Km dan desa setabu juga diusulkan. Pengadaan jaringan Listrik Untuk Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Krayan, Pembangunan jaringan Listrik dari Long Bawan Kecamatan Krayan Induk menuju Kantor Camat Krayan Timur dengan usulan 12 desa dilokasi tersebut.

Di bidang kesehatan, diusulkan pengadaan tenaga medis untuk 3 Rumah Sakit Pratama masing-masing di Kecamatan Sebuku, Kecamatan Sebatik dan Kecamatan Krayan, serta usulan tambahan kuota untuk peserta Jaminan Kesehatan nasional ( JKN ). Pada bidang Pendidikan, Bupati mengusulkan pengadaan tenaga guru untuk SMA dan SMK,  yang dilengkapi dengan asrama siswa di Kecamatan Lumbis Hulu.

Sektor pertanian, peternakan dan perkebunan juga turut diusulkan, diantaranya  Pembanguna Jalan Usaha dan perkebunan untuk tanaman pangan, pembukaan dan pematangan lahan technopark, pertanian organik di Krayan Selatan, pengadaan bibit ternak sapi Bali 100 ekor di Kecamatan Seimenggaris, pengadaan program peremajaan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Sembakung,  Kecamatan Sembakung Atulai, Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sebuku, dan Kecamatan Tulin Onsoi. Pada bidang pelayanan transportasi diusulkan Subsidi Ongkos angkut (SOA) barang dan penumpang untuk 5 Kecamatan di Krayan, SOA barang dan Penumpang untuk Kecamatan Lumbis Hulu dan Kecamatan Lumbis Pansiangan,  di bidang Kelautan dan perikanan, pemerintah Kabupaten Nunukan  mengusulkan pembangunan lantai jemur di Marine Technopark Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, serta pengadaan alat tangkap di Pulau Nunukan dan pulau Sebatik.

Pada bidang infrastruktur jalan, diusulkan  peningkatan jalan lingkar Pulau Nunukan, Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di jalan Lingkar yang perencanaannya telah dikerjakan oleh Dinas PU Provinsi tahun 2017, serta peningkatan jalan ( Konektivitas Antar Desa dan kecamatan) di wilayah perbatasan, pembangunan dan peningkatan jalan lingkar di Kecamatan Krayan. Di bidang Pariwisata, Bupati mengusulkan lanjutan Pembangunan Pariwisata di Bukit Yufai Semaring Kecamatan Krayan. Pada bidang telekomunikasi diusulkan pembangunan Tower untuk desa dan kecamatan yang Blank Spot, pengadaan Visat Internet untuk kantor Kecamatan Seimenggaris, KecamatanTulin Onsoi, Kecamatan Lumbis Hulu dan Kecamatan Lumbis Pansiangan serta pengadaan Visat Internet untuk puskesmas Pembeliangan Kecamatan Sebuku. Selain itu juga turut diusulkan pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat, serta pengadaan alat uji berskala kendaraan bermotor untuk Kecamatan Nunukan.

Adapun dalam penyampaian Bupati Nunukan juga mengharapkan perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, agar secara konsisten memberikan Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) untuk mendukung pemerintah Kabupaten/Kota dalam pembangunan dan penyelenggaraan Pemerintahan.